News

Sharing Session Alumni: Percepatan Penyelesaian Studi oleh Laboratorium Perencanaan Pembangunan FEB UNP

Padang 17 July 2024, Laboratorium Perencanaan Pembangunan FEB UNP mengadakan Sharing Session Alumni dengan tema Percepatan Penyelesaian Studi. Adapun pemateri pada Sharing Session adalah Puja Yesvita Mahendri Andeska alumni dari Departement Ilmu Ekonomi FEB UNP. Pada Sharing Session kali ini ditargetkan kepada mahasiswa akhir yang akan menyusun proposal skripsi dan yang sedang menyusun proposal skripsi. Materi yang disampaikan pada Sharing Session antara lain; mempercepat menuju kolokium, mempersiapkan presentasi kolokium, pasca-kolokium dan mengolah data, serta mempersiapkan diri untuk ujian skripsi.

Mempercepat menuju kolokium ada beberapa point yang perlu diperhatikan oleh mahasiswa yaitu pilihkan judul sesuai dengan minat, perbanyak literature, kembangkan judul, beri judul alternatif, pahami konsep dan keterediaan data. Untuk mempersiapkan presentasi kolokium, mahasiswa harus membuat PPT secara detail dan semarik mungkin agar menarik audience dalam mengikuti seminar kolokium. Tahap ketiag pasca kolokium yaitu lakukan revisis proposal sesuai masukan dan saran dari pembimbing dan penguji Ketika kolokium, setelah itu lakukan pengolahan data. Tahap terakhir mempersiapkan diri untuk ujian skripsi. Pada tahap terakhir ini mahasiswa perlu mempersiapkan pikiran dan mental yang positif, rajin bimbingan, membuat rangkuman, belajar dan pahami, list pertanyaan.

Pada Sharing Session juga dibuka sesi tanya jawab kepada mahasiswa untuk mempersiapkan diri dalam memperoleh tips dan trik langkah awal dalam membangun dan menyusun skripsi, serta mempersiapkan kelulusan yang cepat dan tepat waktu dari sekarang.