News

Pelatihan Jurnalistik Laboratorium Perencanaan Pembangunan FEB UNP: Teknik Menulis Artikel Ilmiah Populer Untuk Media Massa

Rabu 06 Maret 2024, Laboratorium Perencanaan Pembangunan FEB UNP mengadakan Pelatihan Jurnalistik kepada mahasiswa Ilmu Ekonomi FEB UNP dengan tema “Teknik Menulis Artikel Ilmiah Populer Untuk Media Massa”. Narasumber pada pelatihan ini adalah Rommi Deflianto selaku Pemimpin Redaksi Padang Ekspres. Beliau didampingi oleh Bapak Dr. Muhammad Irfan  S.E., M.Si selaku  dosen pada Departement Ilmu Ekonomi sekaligus menjabat sebagai kepala Laboratorium Perencanaan Pembangunan FEB UNP.
Rommi Deflianto menjelaskan tulisan ilmiah bisa dipopulerkan dengan cara menyederhanakan bahasanya dan gaya penulisanya. Sedapatkan mungkin gunakan kosa kata yang sesederhana agar pesan dan pemikiran yang kita sampaikan mudah dan cepat dipahami pembaca. Beliau menjelaskan dalam pelatihan tersebut yang perlu diperhatikan dalam penulisan artikel ilmiah diantaranya; 1) Buatlah judul yang sangat menarik; 2) Perhatikanlah panjang tulisan. Baik setiap kalimat, paragraf, maupun keseluruhan, 3) Tulislah pembuka tulisan secara singkat dan tidak bertele-tele; 4) Perhatikan aktualitas/ide tulisan. Pelatihan ini banyak memberikan manfaat kepada mahasiswa Departement Ilmu Ekonomi yaitu diantaranya mahasiswa dapat memperoleh tips dan trik menembus artikel ilmiah popular, menulis sebagai sumber uang saku, dan langkah awal mudah menulis skripsi. Mahasiswa sangat antusias dalam mengikuti pelatihan tersebut, sehingga dari pelatihan ini diharapkan mahasiswa dapat membiasakan diri untuk menulis artikel ilmiah yang akan memberikan kemudahan dalam penulisan skripsi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *